Total Tayangan Halaman

Kamis, 31 Maret 2011

RPP PKn KELAS X Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan dasar dengan konstitusi

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian dasar negara
Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Dasar negara konstitusi
Pengertian dasar negara dan konstitusi negara
Tujuan dan nilai konstitusi
Keterkaitan dasar negara dan konstitus

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan bimbingan guru siswa dapat memahami hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mengkaji berbagai literatur tentang pengertian dasar negara dan konstitusi
 Berdiskusi tetang keterkaitan tentang dasar negara dengan konstitusi

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa yang dimaksud pengertian dari dasar negara?
2. Apa yang dimaksud pengertian konstitusi negara?
3. Jelaskan tujuan dan nilai konstitusi
4. Bagaimana keterkaitan dasar negara dengan konstitus di negara RI?
5. Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai dasar negara?



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis substansi konstitusi negara

C. INDIKATOR
Mengurai unsur sebuah konstitusi
Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi negara tertentu
Menganalisis substansi konstitusi Indonesia

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Substansi konstitusi negara
Muatan konstitusi negara
Implementasi substansi konstitusi Indonesia

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat memahami substansi konstitusi negara

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mengkaji dari beberapa sumber atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi
 Menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan konstitusi negara.

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
JTC Simorangkir SH, Hukum dan Kostitusi Indonesia
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan unsur-unsur sebuah konstitusi?
2. Sebutkan ciri-ciri konstitusi pada sebuah negara?
3. Bagaimana konstitusi di negara Indonesia tentang sistimatika dan
substansinya?
4. Bandingkan UUD 1945 antara sebelum dan sesudah adanya amandemen, dan
sebutkan bagian mana yang ditambah atau diadakan penyempurnaan?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

C. INDIKATOR
Mengurai makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Mendeskripsikan pokok yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Menganalisis kedudukan UUD 1945

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
Kedudukan pembukaan dalam UUD 1945
Makna setiap alinia dalam pembukaan

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengerti kedudukan pembukaan UUD 1945 negara RI

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mengkaji UUD 1945 Negara Republik Indonesia
 Berdiskusi hasil kajian tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
JTC Simorangkir SH, Hukum dan Kostitusi Indonesia
UUD 1945 yang di amandemen
Budiyanto, Tata Negara untuk SMA

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa makna alenia I, II, III, IV pembukaan UUD 1945?
2. Sebutkan pokok-pokok pikiran pembukaan UUD 1945?
3. Bagaimana kedudukan pembukaan UUD 1945?





Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara

C. INDIKATOR
Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
Menguraikan perilakau positif terhadap konstitusi negara

D. ALOKASI WAKTU
2 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Perkembangan konstitusi Indonesia
Periode berlakunya konstitusi
Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
Kesepakatan dasar dalam perkembangan perubahan
Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat menunjukkan sifat-sifat positif terhadap konstitusi negara

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang periode konstitusi Indonesia
 Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi dan bersifat positif terhadap konstitusi negara

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
JTC Simorangkir SH, Hukum dan Kostitusi Indonesia
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Sebutkan kapan berlaku dan berakhirnya konstitusi yang pernah berlaku di
negara RI?
2. Jelaskan fungsi perubahan sebuah konstitusi?
3. Simpulkan dan sebutkan perilaku positif terhadap konstitusi negara?
4. Apa yang merupakan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan kewarganegaraan di Indonesia

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan kedudukan Warga yang di atur dalam UUD 1945
Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Warga negara dan kewarganegaraan
Dasar hukum yang mengatur warga negara
Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
Syarat menjadi warga negara
Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengerti tentang keduduk warga negara yang di atur dalam UUD 1945

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Melalui kajian literatur tentang wrga negara sesuai hukum yang berlaku
 Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan, syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
CT Kasil, Aku Warga Negara Indonesia
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Sebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang hak dan
Kewajiban serta kedudukan warga negara RI
2. Sebutkan syarat-syarat untuk menjadi WNI
3. Bagaimana seorang WNI dapat kehilangan status warga negaranya?
4. Sebutkan asas-asas kewarganegaraan dan jelaskan pengertiannya?
5. Sebutkan dasar hukum yang mengatur kewarganegaraan
6. apa yang di maksud dengan Stesel Aktif dan Stesel Pasif?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis persemaan kedudukan warga negara dlam khidupan masyarakat

C. INDIKATOR
Menunjukkan persamaan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mendiskripsikan landasan persamaan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Memberi contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Persamaan kedudukan warga negara
Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
Contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat memahami persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diatur dalam undang-undang
 Mendiskusikan tetang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlalku

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Bagaimana kedudukan WNI yang diatur dalam UUD 1945?
2. Sebutkan persamaan kedudukan WNI dalam kehidupan berbangsan dan
Bernegara?
3. Sebutkan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan persamaan kedudukan
Warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara?
4. Sebutkan landasan hukum yang menunjukkan persamaan kedudukan warga
Negara RI?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

B. KOMPETENSI DASAR
Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku

C. INDIKATOR
Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku
Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku
Menghargai persemaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan
ras,
agama,
gender,
golongan,
budaya
suku


F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mendalami kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mendiskusikan tentang persamaan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku


Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Tunjukkan persamaan kedudukan warga negara yang tanpa membedakan ras,
agama, gender, golongan, budaya dan suku
2. Sebutkan ciri-ciri ras, agama, golongan, budaya bangsa indonesia secara garis
Besar
3. Sebutkan sikap perilaku yang menghargai adanya persamaan antar ras,
agama, dan budaya





Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis sistem politik di Indonesia

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
Mendeskripsikan supra stuktur politik Indonesia
Mendeskripsikan infra struktur politik

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Supra struktur dan infra struktur politik
Pengertian sistem politik Indonesia
Cara berpolitik melalui suprastruktur politik atau lembaga formal negara
Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat :
 Partai politik
 Kelompok kepentingan
 Kelompok penekanan
 Media komunikasi politik

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat memahami suprastruktur dan infrastruktur politik Indonesia

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Mengkaji literatur tentang pengertian sistem politik Indonesia
 Mendiskusikan tentang eksistensi suprastruktur dan infrastruktur politik di Indonesia

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas X
UUD 1945 yang di amandemen
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :








Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis sistem politik di Indonesia

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara

C. INDIKATOR
Menguraikan dinamika politik Indonesia
Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistem politik yang di anut Indonesia
Mendeskripsikan politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
Dinamika politik Indonesia
Sistem politik di negara liberal dan negara komunis

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat memahami perbedaan sistem politik di beberapa negara

Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa untuk :
 Menganalisis berbagai sumber bacaan tentang dinamika sistem politik Indonesia
 Membandingkan sistem politik Indonesia dengan yang berlalku di negara liberal dan komunis

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi



H. SUMBER BELAJAR
Buku paket kewarganegaraan untuk SMA kelas XII
UUD 1945 yang di amandemen
Budiyanto, Tata Negara untuk SMA
Buku-buku yang relevan

I. PENILAIAN
1. Bentuk : Tes Tertulis/Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan dinamika politik Indonesia
2. Sebutkan kelebihan sitem politik yang di anut negara Indonesia
3. Sebutkan kelemahan sistem politik yang di anut negara Indonesia
4. Sebutkan perbedaan sistem politik di negara RI dengan negara Amerika
Sebutkan perbedaan sistem politik di negara RI dengan negara Inggris







Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

2 komentar: