Total Tayangan Halaman

Kamis, 31 Maret 2011

RPP PKn KELAS XI Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pengertian, pentingya dan sarana-sarana hubungan internsional bagi suatu negara

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian hubungan internsional

D. ALOKASI WAKTU
5 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Hubungan internsional
Pengertian hubungan internasional
Dampak suatu negara yang mengusilkan diri dari pergaulan antarbangsa
Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara
Sarana-sarana hubungan internasional

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali pentingnya hubungan onternasional

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentan pengertian hubungan internasional
Siswa berdikusi hasil temuan informasi tentang pentingnya hubungan internasional
Siswa menyimpulkan hasil identifikasi sarana-sarana hubungan internasional

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan yang dimaksud dengan hubungan internasional
2. Sebutkan akibat yang ditimbulkan bila suatu negara yang tidak mengadakan
hubungan dengan negara lain
3. Jelaskan sarana-sarana yang diperlukan dalam berhubungan dengan negara
lain



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional

C. INDIKATOR
Medeskripsikan makna perjanjian internsional
Menjelaskan macam-macam istilah perjanjian internasional
Menguraikan tahpan perjanjian internasional
Menjelaskan hal-hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetujuan DPR RI

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Perjanjian Internasional
Pengertian perjanjian internasional
Istilah-istilah perjanjian internasional
Tahap-tahap pembuatan perjanjian internasional

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali tahap-tahap perjanjian internasional

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa melakukan studi literatur tentang perjanjian internasional
Siswa menggali informasi tentang istilah-istilah dalam perjanjian internasional
Siswa berdiskusi hasil studi literatur tentang perjanjian internsional dan tahap-tahap perjanjian internasional

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan pengertian perjanjian internasional
2. Sebutkan 10 istilah untuk menyebut perjanjian internasional
3. Sebutkan tahap-tahap pembuatan perjanjian internasional
4. Jelaskan macam-macam sistem ratifikasi
5. Sebutkan hal-hal penting yang memerlukan ratifikasi DPR


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menganlisis fungsi perwakilan diplomatik

C. INDIKATOR
Medeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik
Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik
Mengidentifikasi perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan koselor
Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Perwakilan Diplomatik
Pengertian perwakilan diplomatik
Tingkatan perwakilan diplomatik
Perwakilan konselor
Fungsi perwakilan diplomatik

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali fungsi perwakilan diplomatik

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa melakukan studi pustaka tentang pengertian perwakilan diplomatik
Dengan bimbingan guru siswa menggali infromasi tentang macam-macam perwakilan diplomatik
Siswa menggali informasi tentang perwakilan konselor
Siswa berdiskusi hasil penggalian informasi tentang fungsi perwakilan diplomatik

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan perwakilan diplomatik?
2. Sebutkan tingkatan-tingkatan perwakilan diplomatik
3. Sebutkan perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konselor
4. Sebutkan fungsi perwakilan diplomatik



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian organisasi internsional
Mengidentifikasikan macam-macam organisasi internasional
Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
Mendeskripsikan peranan Inodnesia terhadap ASEAN
Mengidentifikasi peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
Menjelaskan tujuan ASEAN
Mendeskripsikan peranan organisasi nternsional dalam meningkatkan hubungan internsional

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Organisasi internsional
Pengertian organisasi internsional
Macam-macam organisasi internsional
Peranan dan tujuan PBB
Peranan dan tujuan ASEAN

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali peranan organisasi internsional

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian organisasi internasional
Siswa melakukan studi literatur dari berbagai sumber tentang macam-macam organisasi internasional
Siswa menggali informasi dari tentang peranan dan tujuan PBB
Siswa melakukan studi literatur tentang tujuan ASEAN

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan organisasi internsinal itu ?
2. Sebutkan macam-macam organisasi internsional
3. Sebutkan tujuan didirikannya PBB
4. Sebutkan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
5. Sebutkan tujuan ASEAN


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

C. INDIKATOR
Mengidentifikasi bentuk kerjasama Indonesia dengan negara lain

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Manfaat kerjasam dan perjanjian internasional
Bentuk-bentuk kerjasama dan perjanjian Indonesia dengan negara lain
Hasil-hasil kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali manfaat kerjasama dan perjanjian internasional

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menggali informasi berbagai sumber tentang bentuk-bentuk kerjsama internasional
Siswa mendiskusikan tentang hasil kerjasama internasional yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan contoh bentuk kerjasama antara Indonesia dengan negara lain
2. Jelaskan manfaat kerjasama antar Negara
3. Berikan contoh perjanjian internasional yang bermanfaat bagi bangsa
Indonesia



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional

C. INDIKATOR
Mengenukakan makna hukum internasional
Menjelaskan hakekat hkum internasional
Menjelaskan asas-asas hukum internasional
Mengidentifikasikan sumber-sumber hukum internasional
Mengidentifikasikan subyek-subyek hukum internasional
Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan internasional
Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah Internasional
Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah Internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional

D. ALOKASI WAKTU
5 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Hukum dan peradilan internasional
Konsep dasar hukum internasional
Asas-asas hukum internsional
Sumber-sumber hukum internasional
Subyek-subyek hukum internasional

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali sistem hukum dan peradilan internasional


Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa melakukan kajian pustaka (beberapa buku sumber) tentang makna asas dan sumber hukum internasional
Siswa menggali informasi tentang subyek hukum internasional
Siswa mendiskusikan hasil kajian literatur tentang peranan lembaga peradilan internasional

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. apa yang dimaksud hukum internasional?
2. Jelaskan asas-asas hukum internaional
3. Sebutkan sumber-sumber hukum internasional
4. Sebutkan subyek-subyek hukum internasional
5. Apa yang dimaksud Yurisprudensi itu?


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional

C. INDIKATOR
Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional
Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah-masalah (sengketa) internsional
Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrase
Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Sengketa internasional
Sebab-sebab sengketa internasional
Cara menyelesaikan masalah-masalah (sengketa) internasional
Jasa-jasa baik
Konsiliasi
Komisi Penyelidik
Perwasitan (Arbitrasi)
Mahkamah Internasional

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali penyebab sengketa internsional

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa melakukan analisis tentang faktor penyebab tibulnya sengketa internasional
Siswa menggali informasi berbagai sumber tentang cara penyelesaian sengketa internasional
Siswa berdiskusi hasil kajian literatur tentang pola penyelesaian sengketa internasional

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional
2. Jelaskan cara-cara penyelesaian sengketa internasional
3. Berikab contoh penyelesaian masalah internasional melalui Mahkamah
arbitrasi Internasional
4. Berikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar