Total Tayangan Halaman

Kamis, 31 Maret 2011

RPP PKn KELAS X Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
Mengamalkan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Bangsa dan Negara
Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
Rakyat
Wilayah
Pemerintah yang berdaulat
Pengakuan dari negara lain

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali unsur-unsur terbentuknya negara

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagi makhluk individu dan makhluk sosial

Siswa mendiskusikan hasil kajian leiteratur pengerjian dan unsur terbentuknya bangsa, pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya negara.

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa yang dimaksud manusia sebagai makhluk sosial?
2. Mengapa manusia tidak dapat hidup sendiri?
3. Jelaskan pengertian negara menurut J.H.A. Logemann?
4. Jelaskan sifat hakekat negara?
5. Jelaskan tahap-tahap terjadinya negara secara primer?



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn





................................ ...........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan bentuk-bentuk negara

C. INDIKATOR
Menjelaskan tentang hakekat negara
Membandingkan bentuk-bentuk negara

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
Bentuk-bentuk kenegaraan

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab dengan bimbingan guru siswa
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali bentuk-bentuk negara

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang hakekat negara.
Siswa mendiskusikan hasil kajian leiteratur bentuk-bentuk kenegaraan.

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)


I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan dominion?
2. Jelaskan macam-macam UNI?
3. Sebutkan perbedaan bentuk negara kesatuan dengan bentuk serikat?
4. Sebutkan ciri-ciri negara serikat?
5. Sebutkan keuntungan negara kesatuan sistem desentralisasi?



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

B. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI.

C. INDIKATOR
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
Mendeskripsikan tujuan negara kesatuan republik Indonesia

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali fungsi dan tujuan negara

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal

Siswa mendiskusikan hasil kajian leiteratur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan NKRI

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan fungsi negara menurut Lipman dan Jacobsen?
2. Jelaskan fungsi negara dilihat dari idiologi yang dianut oleh suatu negara?
3. Bagaimanakah tujuan negara menurut Lord Sang Yung?
4. Sebutkan perbedaan tujuan negara menurut Lord Sang Yung dengan Nicollo
Marciavelli?
5. Sebutkan tujuan negara RI?



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dakam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan semangat kebangsaan
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
Makna nasinalisme
Makna patriotisme
Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali semangat nasionalisme dan patriotisme

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji dari literatur tentang semangat kebangssaan dan patriotisme dan nasionalisme, macam-macam perwujudan nasionalisme
Siswa mendiskusikan hasil kajian literatur pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia.

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan Nasionalisme?
2. Apa yang dimaksud dengan Patriotisme?
3. Berikan contoh perilaku yang menunjukkan patriotic dan nasionalisme dalam
berbagai kehidupan?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradialan nasional

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian hukum
Menentukan macam-macam penggolongan hukum
Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem hukum dan lembaga peradilan
Pengertian hukum
Tata hukum Indonesia
Penggolongan hukum
Sumber hukum

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali sistem hukum dan lembaga peradilan

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menganalisa berbagai buku sumber tentang pengertian sistem hukum dan penggolongan hukum

Siswa mendiskusikan hasil kajian tentang sumber hukum, pengertian lembaga peradilan nsional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan pengertian hukum menurut Utrecht?
2. Sebutkan unsur-unsur hukum?
3. Sebutkan penggolongan hukum menurut sumbernya?
4. Apa yang dimaksud dengan yurisprudensi?
5. Sebutkan macam-macam lembaga peradilan di Indonesia?



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan

C. INDIKATOR
Menguraikan perangkat lembaga peradilan
Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
Menganalisis peranan lembaga peradilan
Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Lembaga Peradilan
Lembaga-lembaga peradilan
Tingkatan lembaga peradilan
Peranan atau tugas

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali peranan lembaga peradilan

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji berbagai literatur tentang perangkat lembaga peradilan

Siswa berdiskusi kelompok hasil kajian tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan fungsi pengadilan negeri?
2. Jelaskan wewenang Mahkamah Agung?
3. Sebutkan macam-macam lembaga peradilan?
4. Sebutkan macam-macam hukuman menurut pasal 10 KUHP?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

C. INDIKATOR
Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum
Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
Menganalisis macam-macam sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Sikap yang sesuai dengan hukum
Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan hukum

Kegiatan Inti
Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum

Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan contoh sikap yang mentaati hukum yang berlaku?
2. Berikan contoh sikap perbuatan yang melanggar hukum?
3. Sebutkan macam-macam hukuman menurut pasal 10 KUHP?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :
A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
Menunjukkan contoh tidak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Pemberantasan korupsi
Pengertian korupsi
Dasar hukum pemberantasan korupsi
Klasifikasi perbuatan korupsi
Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali upaya pemberantasan korepsi di Indonesia

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
Siswa mengkaji media cetak tentang contoh korupsi

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan upaya yang dilakukan utnuk pemberantasan korupsi di Indonesia?
2. Apa yang di maksud dengan korupsi?
3. Sebutkan dasar hukum pemberantasan korupsi?
4. Sebutkan klasifikasi perbuatan tindak korupsi?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

B. KOMPETENSI DASAR
Meanmpilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Isndonesia

C. INDIKATOR
Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
Menunjukkan contoh gerakan/organisasi anti korupsi
Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
Menampilkan sikap anti korupsi

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Macam-macam gerakan atau organisasi anti korupsi
Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
Sikap diri anti korupsi

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali contoh sikap anti korupsi

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menelaah berbagai literatur tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi

Siswa mendiskusikan tentang macam-macam perbuatan anti korupsi

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan contoh sikap yang menunjukkan anti korupsi?
2. Tunjukkan organisasi yang bergerak untuk memberantas korupsi?
3. Berikan contoh peran serta masyarakat dalam memberantas korupsi?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan peran serta dalam upaya penajuaan, penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia (HAK)

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis upaya kemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM

C. INDIKATOR
Menganalisis upaya kemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM yang dilakukan pemerintah
Menentukan instrumen HAM nasional
Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam HAM

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM
Pengertian dan macam-macam HAM
Upaya pemerintah dalam menegakkan HAM
Peran masyarakat dalam menegakkan HAM

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali upaya pemerintah dalam menegakkan HAM

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian, macam-macam instrumen HAM
Siswa mendiskusikan artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM yang dilakukan pemerintah, individu dan masyarakat

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan upaya yang dilakukan pemerintah dalam menegakkan HAM?
2. Sebutkan instrumen dalam menegakkan HAM?
3. Jelaskan upaya yang dilakukan individu dalam menegakkan HAM?
4. Apa yang dimaksud dengan HAM?
5. Sebutkan macam-macam HAM?




Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan peran serta dalam upaya penajuaan, penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia (HAK)

B. KOMPETENSI DASAR
Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia

C. INDIKATOR
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM
Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Peran serta dalam penegakkan HAM di Indonesia
Proses pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM
Pelanggaran HAM dan penanganan kasus pelanggaran HAM
Contoh perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali kasus-kasus yang melanggar HAM

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang proses penegakan HAM, menentukan sikap, perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia
Melalui pengamatan siswa dapat mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakan HAM yang

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan contoh kasus-kasus pelanggaran HAM?
2. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan penegakan HAM di Indonesia?





Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : X
SEMESTER : I
TAHUN PELAJARAN :

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan peran serta dalam upaya penajuaan, penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia (HAK)

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan Internasional HAM

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan instrumen HAM Internasional
Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM Internasional
Mendeskripsikan peradilan HAM Internasional

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Instrumen hukum dan peradilan Internasional HAM
Instrumen HAM Insternsional
Kasus-kasus pelanggaran HAM Internasional
Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada peradilan internasional

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali instrumen hukum peradilan internasional

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji geberapa literatur dan sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggatan HAM internasional

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi


H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas X (Erlangga)
Buku PKn kelas X (Ganeca Ecxact)
Buku PKn kelas X (Yudistira)
Buku PKn kelas X (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Sebutkan instrumen dalam penegakan hukum?
2. Sebutkan instrumen HAM internasional?
3. Berikan contoh kasus pelanggaran HAM internasional
4. Jelaskan sanksi pelanggaran HAM internasional?





Mengetahui : ..................., 01 Juli 20....
Kepala Sekolah .............. Guru Mata Pelajaran PKn







......................................... .......................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar