Total Tayangan Laman

Kamis, 31 Maret 2011

RPP PKn KELAS XI Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis budaya politik di Indonesia
B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis type-type budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

C. INDIKATOR
Medeskripsikan typw-typw budaya politik
Mengidentifikasi type politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Macam-macam tipologi budaya politik
Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlalku

F. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali tipe-tipe budaya politik

Kegiatan Inti
Dengan bantuan guru siswa menggali informasi dari berbagai literatur tentang tipe-tipe politik yang berkembang di Indonesia
Siswa mendiskusikan hasil penggalian informasi tentang perkembangan tipe budaya politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan tipe-tipe budaya politik!
2. Jelaskan dampak perkembangan budaya politik sesuai dengan perkembangan
Sistem politik yang berlaku!



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis budaya politik di Indonesia

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

C. INDIKATOR
Medeskripsikan makna sosialisasi kesadaran politik
Menguraikan mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik
Mengidentifikasikan fungsi partai politik

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Makna sosialisasi kesadaran politik
Mekanisme sosialisasi budaya politik
Fungsi dan peranan partai politik

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

Kegiatan Inti
Guru membantu siswa dengan memberi penjelasan tentang makna sosialisasi kesadaran politik, mekanisme sosialisasi perkembangan budaya politik dan fungsi partai politik

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan makna yang terkandung dalam sosialisasi kesadaran politik rakyat
2. Jelaskan mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik
3. Sebutkan fungsi partai politik ?
4. Sebutkan hak partai politik ?
5. Sebutkan syarat terbentuknya partai politik ?



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis budaya politik di Indonesia

B. KOMPETENSI DASAR
Menampilkan peran serta budaya politik partisipan

C. INDIKATOR
Mendiskripsikan bentuk-bentuk budaya politik beserta contohnya
Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mendemontrasikan budaya politik partisipan

D. ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Budaya politik partisipan
Bentuk-bentuk budaya politik partisipan
Budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
Contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembanga di masyarakat

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat menampilkan budaya politik partisipan

Kegiatan Inti
Siswa mendiskusikan peran serta masyarakat dalam pengembangan budaya politik yang sesuai dengan tata nilai budaya bangsa Indonesia
Siswa dapat mensimulasikan budaya politik partisipan di lingkungan sekolah

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan bentuk-bentuk budaya politik partisipan?
2. Sebutkan budaya politik yang sesuai dengan semangat pembangunan politik
bangsa
3. Berikan contoh budaya politik yang tidak sesuai dengan semangat
pembangunan politik bangsa !
4. Berikan 4 contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara !



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya politik
C. INDIKATOR
Menjelaskan antara demokrasi liberal, komunis dan demokrasi Pancasila
Mendeskripsikan prinsip-prinsip demokrasi
Menjelaskan makna budaya demokrasi
Menjelaskan tentang prinsip budaya politik

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Macam-macam demokrasi
Prinsip-prinsip demokrasi
Pengertian budaya demokrasi
Prinsip-prinsip budaya demokrasi

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali macam-macam demokrasi

Kegiatan Inti
Dengan bantuan guru siswa mengkaji berbagai literautr tentang pengertian demokrasi dan prinsip-prinsip demokrasi
Dengan bimbingan guru siswa mendiskusikan hasil kajian tentang makna budaya demokrasi
Siswa menyimpulkan tentang prinsip budaya demokrasi

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1.Jelaskan perbedaan demokrasi liberal dengan demokrasi Pancasila
2.Sebutkan 7 macam prinsip demokrasi Pancasila
3.Sebutkan ciri-ciri negara demokrasi
4.Sebutkan macam-macam demokrasi dilihat dari titik berat perhatiannya
5.Sebutkan 4 macam ciri demokrasi rakyat


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Meganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

B. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Menjelaskan proses menuju masyarakat madani
Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
Menjelaskan upaya mengatasi kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani

D. ALOKASI WAKTU
2 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Masyarakat madani
Pengertian masyarakat madani (civil society)
Ciri-ciri masyarakat madani
Proses menuju masyarakat madani
Kendala yang dihadapi dan upaya mengatasinya bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali ciri-ciri masyarakat madani dan proses menuju masyarakat madani

Kegiatan Inti
Degan bimbingan guru siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang pengertian masyarakat madani
Siswa mendiskusikan hasil temuan tentang ciri-ciri masyarakat madani
Siswa mendiskusikan hasil temuan informasi tentang proses menuju masyarakat madani Indonesia

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan apa yang dimaksud masyarakat madani itu
2. Sebutkan ciri-ciri masyarakat madani menurut Prof. A.s. Hikam
3. Jelaskan bagaimana proses menuju masyarakat madani
4. Seutkan kendala-kendala yang dihadapi dalam mewujudkan masyarakat
madani


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru dan reformasi

C. INDIKATOR
Menguraikan prinsip demokrasi Pancasila
Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla, orba dan orde reformasi
Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
Mendemontrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daeranya

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila
Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orla, orba dan reformasi
Pemilihan Umum (Pemilu)
Tujuan Pemilu
Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilu

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orla, orba dan reformasi

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang prinsip-prinsip demokrasi Pancasila
Dengan bantuan guru siswa menggali infromasi pelaksanaan demokrasi yang diterapkan di Indonesia sejak Orla, Orba dan Orde reformasi
Dengan bantuan guru siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang pemilu di indonesia
Dengan bimbingan guru siswa menganalisis tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia
Siswa dapat mensimulasikan pelaksanaan pilkada di daerahnya

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Sebutkan prinsip-prinsip demokrasi pancasila
2. Jelaskan yang dimaksud dengan demokrasi pancasil menurut
a. Prof. Noto Nagoro, S.H.
b. Dardji Darmodiharjo
3. Bandingkan pelaksanaa pemilu orla, orba dan era reformasi
4. Sebutkan 5 macam tujuan pemilu
5. Jelaskan asas-asas pemilu tahun 2004


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

B. KOMPETENSI DASAR
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

C. INDIKATOR
Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
Menunjukkan perilaku demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat

D. ALOKASI WAKTU
2 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip-prinsip demokrasi

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat memberikan contoh budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa berdiskusi dalam mengidentifikasi perilkaku budaya demokrasi
Siswa dapat mendemontrasikan budaya demokrasi dalam kehidupan di sekolah dan lingkungan masyarakat

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan 4 contoh sikap perilaku yang mencerminkan budaya demokrasi di
lingkungan sekolah
2. Berikan 4 contoh sikap perilaku yang mencerminkan budaya demokrasi di
lingkungan keluarga
3. Berikan 4 contoh sikap perilaku yang mencerminkan budaya demokrasi di
lingkungan masyarakat



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

C. INDIKATOR
Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
Mengidentifikasikan macam-macam keadilan
Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Menidentifikasikan ciri-ciri keterbukaan

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Keterbukaan dan keadilan
Pengertian keterbukaan dan keadilan
Macam-macam keadilan
Makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Ciri-ciri keterbukaan

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa mengingat kembali pentingnya keterbukaan dan keadilan

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mengkaji dari berbagai literatur tentang pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan
Dengan bimbingan guru siswa menggali berbagai informasi tentang macam-macam keadilan
Siswa mendiskusikan hasil kajian tentang makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Dengan bimbingan guru siswa menggali informasi tentang ciri-ciri keterbukaan

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Jelaskan apa yang dimaksud era keterbukaan itu
2. Sebutkan ciri-ciri era keterbukaan
3. Berikan 5 contoh era keterbukaan
4. Sebutkan macam-macam keadilan menurut Aristoteles
5. Sebutkan 4 macam jaminan keadilan yang terdapat dalam UUD 1945 yang
mengatur tentang hal Warga Negara


Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

B. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintah yang tidak transparan

C. INDIKATOR
Memberikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
Mendiskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Menyimpulkan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

D. ALOKASI WAKTU
4 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa mendiskusikan tentang penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Siswa dapat melakukan analisis tentang dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tida transparan

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
2. Sebutkan faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahaan yang
tidak transparan
3. Sebutkan dampak yang ditimbulkan dari penyelenggaraan pemerintahan yang
tidak transparan



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : .............................
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : .............................

A. STANDAR KOMPETENSI
Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

C. INDIKATOR
Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
Menganalisis makna keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah dan masyarakat
Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

D. ALOKASI WAKTU
2 X 45 menit

E. MATERI PEMBELAJARAN
Sikap keterbukaan dan keadilan
Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
Skap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan benegara

F. METODE PEMBELAJARAN
Presentasi
Tanya Jawab
Penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Dengan tanya jawab siswa dapat mengingat kembali makna keterbukaan dan keadilan

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru siswa menggali berbagai informasi baik cetak maupun elektronika tentang contoh sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
Siswa berdiskusi hasil penggalian informasi tentang sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan masyarakat, sekolah maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Kegiatan Akhir
Guru mengadakan evaluasi

H. SUMBER BELAJAR
Buku PKn kelas XI (Erlangga)
Buku PKn kelas XI (Ganeca Exact)
Buku PKn kelas XI (Yudistira)
Buku PKn kelas XI (Tiga Serangkai)

I. PENILAIAN
1. Teknik : Ulangan Harian
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal instrumen :
1. Berikan contoh sikap yang mencerminkan keterbukaan
2. Jelaskan makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3. Berikan contoh sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
dilingkungan sekolah



Mengetahui : ..................., 01 Juli 20......
Kepala Sekolah ........... Guru Mata Pelajaran PKn







........................................ .............................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar