Total Tayangan Halaman

Kamis, 31 Maret 2011

RPP PKn KELAS XII Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendiskripsikan pengertian fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
3.2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
3.3. Mengevaluasi kebebasan pers dan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Indikator :
 Menguraikan pengertian fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
 Mendiskripsikan perkembangan pers di Indonesia
 Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
 Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
 Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
 Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
 Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan dalam kebebasan pers.
 Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
 Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat menguraikan pengertian fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
 Siswa dapat mendiskripsikan perkembangan pers di Indonesia
 Siswa dapat menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
 Siswa dapat menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
 Siswa dapat Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
 Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
 Siswa dapat menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan dalam kebebasan pers.
 Siswa dapat menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
 Siswa dapat menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers


II. Materi Pembelajaran
Peranan Pers
• Pengertian Pers
• Fungsi Pers
• Perkembangan Pers di Indonesia
• Peranan Pers dalam masyarakat demokratis
Kode etik jurnalistik
• Kode etik
• Penyimpangan kode etik jurnalistik oleh berbagai media
• Upaya –upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
Kebebasan Pers dan dampaknya
• Manfaat media masa dalam kehidupan sehari-hari
• Dampak dari penyalah gunaan kebebasan pers / media masa
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Penugasan
• Tanya jawab
• Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apresepsi
b. Motivasi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Pemberian materi dengan ceramah dan tanya jawab
b. Siswa dibagi dalam 7 kelompok
c. Pemberian materi dengan diskusi
3. Kegiatan penutup
a. Kesimpulan dari guru
b. Post test

Pertemuan II :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apresepsi
b. Motivasi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Pemberian materi dengan ceramah dan tanya jawab
b. Siswa dibagi dalam 7 kelompok
c. Pemberian materi dengan diskusi
3. Kegiatan penutup
a. Kesimpulan dari guru
b. Post test






Pertemuan III :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apresepsi
b. Motivasi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Pemberian materi dengan ceramah dan tanya jawab
d. Siswa dibagi dalam 7 kelompok
e. Pemberian materi dengan diskusi
3. Kegiatan Penutup
a. Kesimpulan dari guru
b. Post test
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat
1. Gambar / Foto
b. Sumber Bahan

1 Buku PKn Kelas XII SMA
2. Tata Negara SMU Kelas 3
3. Buku lain yang relevan
4. Artikel , Berita media masa
5. Undang-undang Pers
VI. Penilaian
• Non tes
Performance test ( tugas Kelompok / Individu )
• Test tertulis Essay
• Presentasi



...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.1. Mendiskripsikan proses , aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Indikator :
 Mengemukakan proses globalisasi
 Mendiskripsikan aspek globalisasi
 Mendiskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran

 Siswa dapat mengemukakan proses globalisasi
 Siswa dapat mendiskripsikan aspek globalisasi
 Siswa dapat mendiskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

II. Materi Pembelajaran
 Pengertian globalisasi
 Proses terjadinya globalisasi
 Aspek-aspek globalisasi
 Dampak positif dan negatif globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan

III. Metode Pembelajaran
 Diskusi informasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Menyampaikan informasi pendahuluan mengenai kompetensi yang sedang dipelajari
b. Memberikan motivasi tentang tujuan dan kegunaan memahami pengertian , proses dan aspek globalisasi
c. Informasi yang actual yang berhubungan dengan kompetensi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
a. Melalui penugasan individu memberikan berbagai artikel yang menguraikan pengertian dan proses globalisasi
b. Siswa diminta untuk megkritisi berbagai artikel dari media masa
c. Siswa membuat laporan tertulis dalam buku tugas individu
d. Melakukan Tanya jawab dalam bentuk kuis tentang hal-hal yang menguraikan proses globalisasi

3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam proses globalisasi

Pertemuan II :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan dan kegunaan memahami dampak globalisasi
2. Kegiatan Inti
a. Membagi kelompok kelompok kecil dalam kegiatan pembelajaran
b. Memberikan penugasan kepada masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda
c. Setiap kelompok mempresentasikan secara ringkas hasil diskusi kelompoknya
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam proses menghadapi dampak negatif globalisasi


V. Sumber Belajar
• Buku Kewarganegaraan kelas XII SMA Erlangga
• Internet
VI. Penilaian
• Tehnik Penilaian : Tugas Individu
• Bentuk instrumen lembar laporan kegiatan
Intrumen
• Berikan pendapatmu tentang dampak globalisasi dari berbagai artikel
• Jelaskan proses globalisasi dalam bidang ekonomi , politik, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan dan tehnoligi



...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.2. Megevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dang negara Indonesia

Indikator :
 Mendiskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
 Menunjukkan contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
 Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Menunjukkan sikan selektif terhadap pengaruh globalisasi

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mendiskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat menunjukkan contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
 Siswa dapat menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat menunjukkan sikan selektif terhadap pengaruh globalisasi


II. Materi Pembelajaran
 Pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
 Berbagai contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
 Implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi

III. Metode Pembelajaran
 Diskusi, informasi, tanya jawab dan penugasan







IV Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan dan kegunaan memahami dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
b. Informasi yang actual yang berhubungan dengan kompetensi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
a. Melalui penugasan individu memberikan berbagai kasus , permasalahan , peristiwa yang merupakan dampak langsung maupun tidak langsung dari globalisasi
b. Siswa diminta untuk menemukan sendiri berdasrkan kemampuannya dalam menyerap informasi dan tehnologi dampak globalisasi yang lain
c. Siswa membuat laporan tertulis dalam buku tugas individu
d. Melakukan tanya jawab dalam bentuk kuis tentang dampak globalisasi
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam dampak globalisasi
d. Post Test

Pertemuan II :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan dan pentingnya bersikap selektif terhadap globalisasi
2. Kegiatan Inti
a. Memfasilitasi siswa untuk menggali informasi melalui metode inquiri dan presentasi
b. Menyampaikan kepada siswa mengenai informasi terbaru , yang merupakan implikasi secara lansung dari proses globalisasi
c. Siswa diminta berkelompok
d. Siswa diminta untuk menemukan sendiri maupun bersama kelompoknya berdasarkan kemanpuanya dalam menyerap informasi dan tehnologi mengenai implikasi globalisasi.
e. Siswa membuat laporan tertulis dalam buku tugas individu dan laporan tugas kelompok
f. Melakukan tanya jawab dalam bentuk kuis tentang implikasi globalisasi dan perlu sikap selektif.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam proses menghadapi dampak negatif globalisasi
d. Post Test



V. Sumber Belajar
• Buku Kewarganegaraan kelas XII SMA Erlangga
• Internet
• Media informasi

VI. Penilaian
• Tehnik Penilaian : Tugas Kelompok
• Bentuk instrumen : Lembar laporan kegiatan kelompok
Intrumen
• Bersama kelompoknya siswa dimohon menjelaskan implikasi globalisasi dalam berbagai kehidupan berbangsa dan bernegara serta sikap selektif
• Jelaskan proses globalisasi dalam bidang ekonomi , politik, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan dan tehnoligi




...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia

Indikator :
 Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi
 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia

II. Materi Pembelajaran
 Resensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Pemilihan topoik permasalahan tentang globalisasi
 Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi

III. Metode Pembelajaran
 Diskusi, informasi, tanya jawab dan penugasan


IV Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan pembuatan karya tulis mengenai pengaruh globalisasi
b. Memberikan arahan mengenai format penulisan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan dan memberikan contoh karya tulis kepada siswa
c. Persiapan tempat

2. Kegiatan Inti
a. Menentukan kelompok-kelompok siswa
b. Memberikan contoh format penulisan untuk keseragaman
c. Siswa diminta menentukan topik yang akan dibahas
d. Siswa diarahkan untuk merencanakan pembagian tugas dalam penyusunan karya tulis
e. Siswa memulai membuat draft-draft penulisan
f. Setiap kelompok siswa dengan diberi alokasi waktu yang sama untuk mempresentasikan karya tulis


3. Kegiatan Penutup
a. Mempersiapkan pertemuan selanjutnya untuk presentasi, pengetikan naskah dan penjilidan
b. Tanya jawab
c. Evaluasi secara lengkap mengenai karya tulis yang dibuat oleh siswa
d. Bersama-sama membuat kesimpulan
V. Sumber Belajar
• Buku Kewarganegaraan kelas XII SMA Erlangga
• Internet
• Media informasi
• Drs. Encang Iskandar, M.Pd .dkk ( 2006 ) Pendidikan Kewarganegaraan 3 PT Remaja Rosda Karya Bandung
• Drs. H. Suardi Abu Bakar Dkk ( 2005 ) , Kewarganegaraan 3 Yudistira Jakarta

VI. Penilaian
• Tehnik Penilaian : Tugas Kelompok
• Bentuk instrumen : Lembar laporan kegiatan kelompok
Intrumen
• Bersama kelompoknya siswa dimohon mrnentukan topik dan selanjutnya dilakukan penulisan secara baik





...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar