Total Tayangan Laman

Kamis, 31 Maret 2011

RPP PKn KELAS XII Semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Standart Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendiskripsikan Pancasila sebagai idiologi terbuka
1.2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai idilogi terbuka

Indikator :
Pertemuan I :
 Mendiskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
 Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
 Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai idiologi negara
Pertemuan II
 Membedakan idiologi terbuka dan idiologi tertutup
 Mendiskripsikan makna Pancasila sebagai idiologi terbuka
Pertemuan III
 Mendiskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai
 Mendiskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Pertemuan IV
 Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
 Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai idiologi terbuka

Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran ( 4 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendiskripsikan Pancasila sebagai idiologi terbuka , menganalisis Pancasila sumber nilai dan paradigma pembangunan serta siswa dapat menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka.

II. Materi Ajar ( Materi Pokok )
Pertemuan I
Pancasila sebagai idiologi terbuka
 Pengertian idiologi negara
 Makna ideology negara
 Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Pertemuan II
 Fungsi pokok Pancasila
 Membedakan idiologi terbuka dan idiologi tertutup


Pertemuaan III
Nilai-nilai Pancasila
 Pancisila sebagai sumber nilai
 Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Pertemuaan IV
 Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila
 Sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Tanya jawab
• Tugas kelompok
• Kooperatif teknik jigsaw
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuaan I
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti
• Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang , dinamakan kelompok kooperatif
• Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif yang terdiri atas :
1. Mendiskripsikan Pancasila sebagai ideology terbuka
2. Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
3. Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan idiologi negara
4. Membedakan idiologi terbuka dan idiologi tertutup.
• Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil , setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan oleh guru . Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
• Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan
• Guru memfasilitasi jika terdapat siswa /kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C. Kegiatan Penutup
• Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
• Guru menutup pelajaran dengan salam

Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu ( review )
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
B. Kegiatan Inti
• Membagi siswa dalam 8 kelompok , masing-masing kelompok 5 anggota
• Guru memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok yaitu : “ berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai idiologi terbuka “
• Siswa maju kedepan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi .
• Siswa menyerahkan laporan hasil diskusi secara tertulis kepada guru.
C. Kegiatan Akhir
• Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang telah dipelajari
• Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan III
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Apersepsi materi pembelajaran minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
• Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
• Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
C. Kegiatan Akhir
• Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan IV
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti
• Menidentifikasi berita di media elektronik ( TV, internet, dsb ) dan artikel dari media cetak ( buku koran, majalah dsb ) sehingga dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila.
• Siswa maju kedepan kelas berani mengemukakan pendapat / demonstrasi , tentang contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai idiologi terbuka .
C. Kegiatan Akhir
• Guru menegaskan kembali tentang materi sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka .
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru memberikan tugas / PR
• Guru menutup pelajaran dengan salam








V. Alat dan Sumber Bahan
A. Alat
o Kertas berisi undian
o OHP
o TV , gambar-gambar
B. Sumber Bahan
• Buku Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XII, Budiyanto, Penerbit Erlangga.
• Drs. Encang Iskandar, M.Pd dkk ( 2006 ) , Pendidikan Kewarganegaraan 3 PT Remaja Posda Karya Bandung .
• Drs. H. Suardi Abu Bakar dkk ( 2005 ) Kewarganegaraan 3 Yudistira , Jakarta .
• Artikel / berita dari media massa.
VI. Penilaian
• Tes tertulis berbentuk essay
• Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggungjawab individu terhadap kelompoknya.
• Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.




...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn



















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 45 ‘ 4 x 45 ‘ ( 2 x Pertemuan )
Standart Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai system pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis system pemerintahan di berbagai negara

Indikator :
 Mendiskripsikan pengertian system pemerintahan
 Mengklasifikasikan system pemerintahan presidensial dan parlementer di berbagai negara
 Menguraikan kelebihan dan kelemahan system pemerintahan presidensial dan parlementer
 Mengidentifikasikan cirri system pemerintahan presidensial dan parlementer
I. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat mendekripsikan pengertian system pemerintahan di berbagai negara

II. Materi Pembelajaran

System pemerintahan
• Pengertian system pemerintahan
• Sistem pemerintahan presidensial dan parlementer
• Ciri-ciri system pemerintahan presidensial dan parlementer

III. Metode Pembelajaran
• Informasi , diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
• Menyampaikan naskah materi pembahasan hari ini
• Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
B. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil : @ 4 orang dinamakan kelompok kooperatif
Kelompok koopertif









2. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif
A. Mendiskripsikan pengertian system pemerintahan
B. Mengklasifikasikan system pemerintahan presidensial dan parlementer
C. Menguraikan kelebihan dan kelemahan system pemerintahan presidensial dan perlementer
D. Mengidentifikasikan cirri system pemerintahan presidensial dan parlementer
Jika jumlah siswa 40 orang berarti ada sepuluh kelompok terdapat kelompok yang membahas materi sama .
3. Setelah diskusi kelompok kecil selesai setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan guru , undian berisi materi yang didiskusikan
4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima jika anggota kelompok baru lebih banyak dan berasal dari kelompok kecil yang membahas materi berbeda disebut kelompok ahli .
Kelompok ahli : mendiskripsikan system pemerintahan





Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat , ikut aktif memberi informasi dan diskusi.
5. Kelompok ahli berkumpul ke kelompok kooperatif memberi informasi hasil diskusi kelompok ahli.
6. Wakil kelompok kooperatif mempresentasikan dan mengambil kesimpulan .
7. Guru memfasilitasi bila ada yang kesulitan dan mengklrifikasi jika terdapat kesalahan .

C. Kegiatan Penutup
• Guru memberi pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
• Guru memberi pos tes lisan
• Guru memberi tugas siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi pertemuan berikutnya.

V. Alat dan Sumber Belajar
A. Alat :
• Kertas undian

B. Sumber
• Buku PKn Kelas XII SMA
• Tata Negara SMU Kelas 3
• Buku lain yang relevan
• Artikel , Berita media masa








VI. Penilaian

• Test tertulis Essay
• Penilaian diskusi kelompok
• Penilaian laporan tertulis





...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn






























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAAM SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 45 ‘ ( 1 x Pertemuan )
Standart Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai system pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan negara Indonesia
Indikator :
 Menguraikan system pemerintahan yang digunakn oleh negara Indonesia menurut UUD ‘45
 Membandingkan system pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD ’45 sebelum dengan sesudah perubahan.

I. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menguraikan system pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945 .

II. Materi Pembelajaran

System pemerintahan Negara Indonesia
a. System pemerintahan menurut UUD’45 awal kemerdekaan
b. Sistem pemerintahan Negara RI menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

III. Metode Pembelajaran
a. Informasi , diskusi , tanya jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
1. Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
2. Menyampaikan pokok materi pelajaran materi pembahasan hari ini
3. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil : @ 4 orang dinamakan kelompok kooperatif
Kelompok koopertif









b. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif
A Menguraikan system pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia Menurut UUD 1945
B Membandingkan system pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
Jika jumlah siswa 40 orang berarti ada sepuluh kelompok terdapat kelompok yang membahas materi sama .
c. Setelah diskusi kelompok kecil selesai setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan guru , undian berisi materi yang didiskusikan
d. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima jika anggota kelompok baru lebih banyak dan berasal dari kelompok kecil yang membahas materi berbeda disebut kelompok ahli .
Kelompok ahli : mendiskripsikan system pemerintahan di Indonesia menurut UUD 1945.





Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat , ikut aktif memberi informasi dan diskusi.
e. Kelompok ahli berkumpul ke kelompok kooperatif memberi informasi hasil diskusi kelompok ahli.
f. Wakil kelompok kooperatif mempresentasikan dan mengambil kesimpulan .
g. Guru memfasilitasi bila ada yang kesulitan dan mengklrifikasi jika terdapat kesalahan .

3 . Kegiatan Penutup
1. Guru memberi pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
3. Guru memberi pos tes lisan
4. Guru memberi tugas siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi pertemuan berikutnya.

V. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
• Kertas undian

2. Sumber
• Buku PKn Kelas XII SMA
• Tata Negara SMU Kelas 3
• Buku lain yang relevan
• Artikel , Berita media masa








VI. Penilaian

• Test tertulis Essay
• Penilaian diskusi kelompok
• Penilaian laporan tertulis




...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn


































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2 x 45 ‘ ( 1 x Pertemuan )
Standart Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai system pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.3. Membandingkan Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Yang Berlaku Di Indonesia Dengan Negara Lain
Indikator :
 Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan system pemerintahan Indonesia
 Membandingkan system pemerintahan Indonesia dengan negara lain

I. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :
 Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan system pemerintahan Indonesia
 Membandingkan system pemerintahan Indonesia dengan negara lain

II. Materi Pembelajaran

Pelaksanaan System pemerintahan Negara Indonesia
a. Kelebihan system pemerintahan Indonesia
b. Kelemahan Sistem pemerintahan Negara Indonesia
c. Perbandingan pelaksanaan system pemerintahan Indonesia dengan negara lain

III. Metode Pembelajaran
a. Informasi , diskusi , tanya jawab, penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
1. Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
2. Menyampaikan pokok materi pelajaran materi pembahasan hari ini
3. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
a. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil : @ 4 orang
2. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok
A Mengkaji berbagai buku media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan system pemerintahan negara RI
B Menanyakan kepada pejabat dilingkungan tentang kelebihan dan kelmahan system pemerintahan negara RI
C. Berdiskusi secara kelompok hasil kajian dan temuan dilapangan tentang identifikasi system pemerintahan Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok hasilnya diserahkan kepada guru untuk dibahas bersama sama dari hasil kelompok-kelompok, dan dibandingkan persamaan dan perbedaannya.
Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan diambil kesimpulan .

3 . Kegiatan Penutup
1. Guru memberi pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
3 Guru memberi pos tes lisan
4 Guru memberi tugas siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi pertemuan berikutnya.

V. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
a. Bagan / sketsa
b. Gambar/ Foto
c. OHP
2. Sumber
1 Buku PKn Kelas XII SMA
2. Tata Negara SMU Kelas 3
3. Buku lain yang relevan
4. Artikel , Berita media masa
VI. Penilaian
• Non tes
Performance test ( tugas Kelompok / Individu )
• Test tertulis Essay
• Presentasi



...................., 01 Juli 20........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru PKn

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar